Translate Page

Dofollow Backlinks: Apa Itu dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap SEO

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on GET LINK for destination
Congrats! Link is Generated

Ketika saya membangun strategi SEO, backlink adalah elemen intinya. Namun di antara berbagai jenisnya, saya biasanya mengkhawatirkan satu hal – Backlinks Dofollow .

Baik Anda situs web kecil yang ingin naik SERP atau situs dengan lalu lintas tinggi yang ingin mencapai kepemimpinan pemikiran – menambahkan tautan balik dofollow berkualitas adalah suatu keharusan dalam strategi SEO Anda.

…Tapi apa itu tautan dofollow? Bagaimana pengaruhnya terhadap situs web saya?

Dengan baik! Saya menggali beberapa tentang backlink, menjelajahi backlink dofollow, apa itu, bagaimana pengaruhnya terhadap SEO, dan strategi untuk mendapatkan tautan dofollow untuk situs web Anda.

Mari kita mulai dengan mempelajari logika di balik backlink dofollow.

Apa itu Backlink Dofollow?

Backlinks Dofollow adalah tautan di situs web host yang memungkinkan perayap mesin pencari berbagi ekuitas tautan (atau jus tautan) dengan situs web tujuan. 

Misalnya, jika situs web saya memiliki tautan dofollow di salah satu blog SEMrush, algoritme akan menganggap ini sebagai suara positif untuk domain saya. Itu akan mengikuti tautan di blog ke situs web saya dan berbagi beberapa tingkat otoritas dan relevansi dengan domain saya.

Manfaat tautan balik dofollow

Karena Semrush memberi sinyal 'vote of trust' dengan link dofollow, saya mendapat banyak manfaat, seperti:

  • Peningkatan Page Rank (PR): Page Rank adalah algoritme Google yang mengukur kemungkinan peringkat halaman web di SERP Google berdasarkan kualitas tautan balik yang mengarah ke halaman tersebut. 
  • Peningkatan pertumbuhan organik: Karena situs web otoritas tinggi menganggap halaman atau konten Anda berharga, Anda mendapatkan sebagian kecil dari niat baik mereka. Algoritme Google akan menganggap konten tertaut itu sah dan memberi peringkat lebih tinggi untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik kepada penggunanya.
  • Peningkatan kredibilitas dan reputasi: Jika saya mendapatkan backlink dari Forbes, apakah Anda tidak akan iri? Inilah yang dilakukan tautan dofollow. Karena sebuah perusahaan media global populer menautkan ke situs web saya, situs tersebut juga menjadi sumber yang kredibel dan tepercaya bagi Google dan rekan pembaca.

Secara teknis, backlink dofollow hanyalah backlink secara default. Mereka tidak memerlukan atribusi atau pengaturan khusus apa pun.

Faktanya, istilah 'Dofollow' diciptakan ketika Google mengumumkan tag 'nofollow' pada tahun 2005 untuk melawan manipulasi tautan.

Rangkuman: Sebelum tahun 2005, pelaku spam menggunakan bagian komentar di situs web untuk membuang tautan yang tidak relevan. Dan karena mesin pencari diprogram untuk menghitung setiap backlink sebagai mosi percaya, situs web berisi spam mendapat tempat teratas di SERP Google . Praktik ini berkembang pesat dan kemudian disebut 'penipuan komentar'.

Namun, untuk melawan penggunaan backlink yang ketat, Google merilis masterstroke-nya – ' Nofollow Backlinks .'

Backlinks Dofollow Vs Nofollow

Meski berasal dari keluarga yang sama (Backlink), namun keduanya memiliki ciri yang berbeda. Mari kita uraikan masing-masing.

Tautan dofollow adalah tautan balik default yang memungkinkan jus tautan berpindah dari satu situs web ke situs web lainnya. Mereka tidak memiliki atribut khusus apa pun, dan Anda juga tidak perlu membuatnya.

Berikut tampilan backlink dofollow pada halaman dan kode.

<a href=”https://bangwahidofficial.blogspot.com/”>Link Text</a>

Tautan balik nofollow mencegah perayap meneruskan otoritas dari satu situs web ke situs web lainnya. Ini sangat berguna jika Anda ingin mesin pencari mengindeks halaman web Anda tetapi tidak ingin mesin pencari mengikuti tautan lain di halaman itu.

Tidak seperti backlink dofollow, tautan ini memiliki atribut khusus 'rel=nofollow' , sehingga mudah ditemukan. Contoh backlink nofollow adalah ini

<a href=”https://bangwahidofficial.blogspot.com/”rel=”nofollow”>Link Text</a>.

Tautan balik nofollow memberi admin situs kendali atas siapa yang berbagi otoritas dengan domain mereka. Mereka sering digunakan untuk memastikan bahwa tautan tertentu, seperti yang ada di konten buatan pengguna, tidak memberikan nilai SEO.

Tautan dofollow biasanya digunakan dalam konten editorial untuk mendukung atau meneruskan nilai SEO ke situs web yang ditautkan.

Berikut rangkuman singkat perbedaan kedua backlink tersebut.

ParameterBacklinks DofollowBacklinks Nofollow
ObjektifPerintahkan mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut (bagikan jus tautan)Instruksikan mesin pencari untuk tidak meneruskan jus tautan
AtributTidak memerlukan atribut khususBerisi atribut “ rel=nofollow
Dampak SEOMembantu dalam SEO dengan berbagi peringkat halaman, otoritas, dan kredibilitas dengan domain tertaut
Melindungi ekuitas tautan domain dan peringkat SEO agar tidak diteruskan ke situs web berkualitas rendah atau berisi spam
Pengaruh PeringkatPositif, jika tertaut dengan situs web otoritas tinggi; Negatif, jika dikaitkan dengan website berkualitas rendahTidak ada pengaruh pada peringkat saat Anda memberi sinyal kepada Google untuk tidak berteman dengan tautan ke situs web Anda
Kasus PenggunaanBiasanya digunakan untuk situs editorial atau media, atau saat menghubungkan statistik atau angka.Sering digunakan untuk konten buatan pengguna seperti komentar, tautan berbayar, dan sumber tidak tepercaya

Kesimpulan

Tautan balik dofollow adalah tambang emas bagi para profesional SEO. Sepengetahuan saya, ini adalah strategi SEO paling efektif hingga saat ini. 

Buktinya, hasil teratas di Google rata-rata memiliki backlink 3,8x lebih banyak dibandingkan peringkat kedua hingga kesepuluh. 
Posting Komentar