Alternatif Google Analytics Terbaik
Google Analytics adalah alat analisis web gratis yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web, kinerja waktu nyata dan masa lalu. Alat ini memberikan wawasan berharga tentang perilaku pengguna, rasio konversi, demografi, dan kinerja situs web. GA populer, tetapi ketidakfleksibelannya, kurangnya fitur, dan masalah privasi telah menyebabkan pengguna mencari opsi alternatif.
Bang Wahid telah meneliti dan mencantumkan alternatif Google Analytics terbaik berdasarkan fitur-fitur utama, seperti pemantauan lalu lintas situs web langsung, segmentasi pengguna, pelacakan konversi, dan pelaporan khusus.
- Fathom Analytics – Terbaik untuk Fokus Privasi
- Clicky – Terbaik untuk Wawasan Pengunjung Real-Time
- Plausible – Terbaik untuk Analisis Tanpa Cookie
- Cloudflare Web Analytics – Terbaik untuk Pengguna Cloudflare
- Microsoft Clarity – Terbaik untuk Wawasan Perilaku Pengguna
- Matomo – Terbaik untuk Kepemilikan Data Lengkap
- Simple Analytics – Terbaik untuk Kepatuhan GDPR, PECR, dan CCPA
Fathom Analytics
Fathom Analytics adalah perangkat lunak analisis lalu lintas situs web real-time yang berfokus pada privasi dan dipercaya oleh berbagai organisasi yang mengandalkan data seperti IBM, McLaren, dan GitHub. Perangkat lunak ini mengarahkan lalu lintasnya melalui infrastruktur milik Eropa.
Tidak seperti penawaran Google, Fathom Analytics menggunakan JavaScript ringan satu baris yang tidak memperlambat waktu pemuatan halaman web. Perangkat lunak ini secara otomatis memblokir bot, perayap, serangan DDoS, dan alamat IP khusus perusahaan untuk mencerminkan angka yang akurat.
Selain itu, Anda mendapatkan dasbor yang dapat disesuaikan dengan metrik lalu lintas web langsung seperti pengunjung, tampilan, waktu di situs, dan rasio pentalan. Perangkat lunak ini mencakup filter lanjutan, segmen pengguna, geolokasi, UTM, dan opsi lain untuk analisis terperinci.
Fathom Analytics memungkinkan Anda melacak pengiriman formulir, pendaftaran buletin, klik tombol, dan transaksi e-niaga melalui peristiwa khusus dan parameter UTM. Perangkat lunak ini menyediakan ekspor data satu klik ke file CSV untuk analisis lebih lanjut dan memungkinkan penjadwalan laporan email untuk analisis dan pelaporan tren.
Clicky
Clicky adalah alat pemantauan lalu lintas situs web langsung sumber terbuka. Fitur Spy yang canggih memungkinkan Anda melihat aliran langsung pengunjung situs web – tanpa perlu menyegarkannya secara berkala.
Alat ini menawarkan dasbor intuitif yang menunjukkan jumlah pengunjung, total klik, rasio konversi peristiwa, pencarian organik, rasio pentalan, dan semua yang akan Anda lihat di GA4. Anda juga dapat mengkategorikan pengunjung berdasarkan demografi, geolokasi, perangkat yang digunakan, dan kriteria lain untuk analisis yang ditargetkan.
Beberapa fitur penting yang membuat Clicky lebih unggul dari Universal Analytics adalah peta panas, pengujian terpisah, analitik video, analitik audio, dan analisis jalur terperinci.
Clicky menyediakan metrik pelacakan konversi untuk memantau konversi berbasis peristiwa, tautan keluar, dan unduhan. Untuk memastikan pelacakan yang akurat bagi pengunjung dengan pemblokir iklan yang diaktifkan, alat ini menawarkan pelacakan proxy terbalik. Selain itu, mode layar besarnya menampilkan statistik waktu nyata dalam format yang dioptimalkan untuk layar besar, sehingga memudahkan untuk mengawasi metrik favorit Anda.
Plausible
Plausible adalah alternatif lain yang ramah privasi untuk Google Analytics untuk memvisualisasikan lalu lintas situs web langsung. Aplikasi ini tidak menggunakan cookie atau terlibat dalam pembuatan profil perilaku dan memastikan kepatuhan penuh terhadap peraturan privasi seperti GDPR, CCPA, dan PECR.
Dasbor Plausible Analytics menyediakan wawasan pengunjung secara real-time dan mengelompokkannya berdasarkan demografi, geolokasi, dan perangkat, browser, atau sistem operasi yang digunakan.
Dengan menggunakan tag UTM yang dapat disesuaikan dan corong konversi, Anda dapat melacak iklan berbayar, email, dan kiriman media sosial untuk acara, konversi, dan atribusi khusus.
Plausible Analytics menawarkan pelaporan email dan Slack tentang lonjakan lalu lintas, sasaran yang sensitif terhadap waktu, klik tautan keluar, unduhan file, dan halaman kesalahan 404.
Cloudflare Web Analytics
Cloudflare Web Analytics adalah perangkat lunak analitik web gratis yang ditawarkan sebagai bagian dari jaringan pengiriman konten (CDN) Cloudflare dan platform keamanan cloud. Perangkat lunak ini paling cocok untuk pengguna Cloudflare yang mencari solusi analitik web yang hemat biaya dalam jaringan Cloudflare.
Server Adaptive Bit Rate (ABR) Cloudflare membantu mengoptimalkan resolusi secara otomatis untuk setiap bagan atau tabel, tergantung pada ukuran data dan faktor lainnya. Visualisasi interaktif memungkinkan Anda menyelidiki lonjakan lalu lintas dengan memperbesar bagan dan grafik.
Meskipun Cloudflare Web Analytics kurang dalam fitur segmentasi pengguna dan pelacakan konversi dibandingkan dengan GA4, perangkat lunak ini memberikan metrik dan KPI terperinci untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang konversi.
Cloudflare menyediakan fitur pelaporan khusus melalui GraphQL Analytics API, yang memungkinkan Anda membangun dasbor analitik canggih untuk pelaporan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.
Microsoft Clarity
Microsoft Clarity adalah alat analisis perilaku pengguna gratis yang menyediakan wawasan waktu nyata tentang cara pengguna berinteraksi dengan situs web dan aplikasi seluler Anda.
Microsoft Clarity memungkinkan Anda merekam, melihat, dan berbagi sesi pengguna langsung saat sesi tersebut berlangsung, yang menunjukkan pergerakan pengguna, klik, gulir, dan navigasi melalui situs web atau aplikasi secara waktu nyata.
Dengan ekstensi Google Microsoft Clarity, Anda dapat melapisi peta panas di situs langsung Anda dan melihat di mana orang mengklik, apa yang mereka abaikan, dan seberapa jauh mereka menggulir.
Dasbor intuitif Microsoft Clarity menyajikan wawasan berukuran kecil yang dapat diperluas menggunakan 25+ parameter, termasuk informasi pengguna, tindakan, jalur, dan data sesi. Dasbor ini menawarkan dasbor yang dapat disesuaikan dengan sasaran dan metrik konversi khusus, seperti klik yang tidak terkendali, klik yang tidak aktif, dan kickback, untuk melacak perilaku pengguna di sekitar peristiwa tertentu.
Microsoft Clarity terintegrasi dengan alat analitik, pengujian, dan otomatisasi pihak ketiga, yang memungkinkan Anda mendistribusikan data atau melakukan tindakan tanpa meninggalkan kejelasan.
Matomo
Matomo adalah perangkat lunak analitik sumber terbuka yang menawarkan kepemilikan data 100% dan kepatuhan regulasi penuh. Perangkat lunak ini dipercaya oleh 1 juta pengguna, termasuk organisasi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komisi UE serta merek seperti Ahrefs.
Matomo mengintegrasikan analitik web tradisional (seperti data kunjungan dan akuisisi) dengan analitik perilaku (seperti peta panas dan rekaman sesi). Perangkat lunak ini menawarkan kemampuan untuk mengelompokkan pengguna berdasarkan geolokasi, demografi, pesanan pembelian, dan lebih dari 110 filter prasetel. Pengguna juga dapat membuat segmen khusus menggunakan operator AND dan OR.
Matomo menggunakan pelacakan sasaran untuk melacak konversi yang berfokus pada peristiwa, seperti pembelian atau pendaftaran buletin, dan menawarkan peta panas dan rekaman sesi untuk melacak perilaku pengguna di seluruh peristiwa.
Matomo memungkinkan Anda membuat laporan khusus menggunakan filter bersyarat, pivoting, dan visualisasi dinamis. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan visualisasi yang dibuat khusus sebagai widget ke dasbor Anda.
Simple Analytics
Simple Analytics adalah salah satu alternatif Google Analytics yang berorientasi pada privasi. Produk ini mudah digunakan, ringan, dan patuh terhadap undang-undang privasi pengguna, termasuk GDPR, PECR, dan CCPA.
Dasbor intuitif Simple Analytics memberikan wawasan waktu nyata tentang perilaku pengguna dan kinerja situs web. Dengan menggunakan segmentasi tingkat lanjut, Anda dapat melakukan analisis perilaku pada kelompok pengguna tertentu, seperti pengunjung baru vs. pengunjung lama, berdasarkan atribut seperti lokasi, perangkat, dan sumber rujukan.
Dengan menggunakan AI Simple Analytics, Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang data Anda dalam bahasa alami dan mendapatkan wawasan instan.
Simple Analytics menggunakan pelacak sasaran dan penjelajah peristiwa untuk menghubungkan, memantau, dan menganalisis kampanye pemasaran, saluran penjualan, dan inisiatif lain yang berfokus pada konversi.
Tidak seperti Google Analytics, produk ini memungkinkan Anda membuat dan menjadwalkan laporan email secara satu kali atau berulang tanpa meninggalkan aplikasi.
Mixpanel
Mixpanel adalah perangkat lunak analitik yang hebat untuk menganalisis keterlibatan produk dan pengguna. Perangkat lunak ini telah membantu tim produk di Uber, Netflix, dan monday.com membangun produk yang lebih cepat dan lebih baik melalui keputusan yang didorong oleh data.
Dasbor waktu nyata Mixpanel menawarkan metrik keterlibatan yang komprehensif untuk mengungkap tren dan memberikan wawasan langsung tentang interaksi pengguna dengan produk Anda.
Dengan menggunakan segmentasi perilaku, Anda dapat mengelompokkan pengguna berdasarkan sifat, peristiwa, atau tingkat geografis tertentu. Mixpanel terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti A/B Tasty, Vitally, Zapier, dan lainnya, sehingga memudahkan analisis segmen pengguna individual.
Perangkat lunak ini juga menawarkan corong konversi, grafik retensi, dan laporan alur untuk melacak konversi yang memiliki satu atau beberapa titik kontak. Demikian pula, Anda akan menemukan galeri templat pelaporan, yang dapat Anda tambahkan sebagai widget ke dasbor Anda atau unduh sebagai laporan PDF.
Meskipun Anda masih dapat melacak penayangan halaman dengan Mixpanel, alat ini paling baik digunakan untuk melacak keterlibatan produk dan pengguna.
Piwik PRO
Piwik PRO menonjol karena privasi data tingkat perusahaan dan kepatuhan otonom terhadap undang-undang kebijakan privasi, seperti GDPR di UE, LGPD di Brasil, dan CCPA di AS. Piwik PRO menawarkan pelacakan perilaku pengguna secara real-time, segmentasi, dan pelaporan di seluruh web dan aplikasi Anda.
Dengan menggunakan dasbor analitik Piwik PRO, Anda dapat memantau aktivitas pengguna, keterlibatan, dan atribusi multisaluran untuk mengoptimalkan perjalanan pelanggan.
Rangkaian Analitik Piwik PRO menyediakan webhook dan integrasi aplikasi bawaan untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data pengunjung di seluruh saluran, situs web, dan aplikasi ke dalam profil pelanggan terpadu.
Anda dapat membuat profil pengguna yang dipersonalisasi berdasarkan atribut dan kondisi, seperti demografi, karakteristik pengguna, perilaku, riwayat pembelian, dan data perilaku lainnya.
Editor seret dan lepas Piwik PRO memungkinkan pengguna membuat laporan khusus untuk atribusi multisaluran, iklan, dan corong konversi. Ia juga memiliki kemampuan untuk pelaporan gabungan guna melihat data dari beberapa situs web dalam satu laporan.
Heap
Heap merupakan salah satu alternatif Google Analytics yang paling lengkap. Toolkit pengumpulan datanya memungkinkan Anda menangkap setiap tampilan, klik, geser, pemutaran ulang sesi, dan formulir yang diisi oleh pengguna di situs web atau aplikasi Anda.
Illuminate dari Heap, kerangka kerja kecerdasan ilmu data, menganalisis data pengguna untuk secara otomatis memunculkan wawasan utama bahkan tentang tindakan dan perilaku yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.
Heap menggunakan segmentasi perilaku untuk mengelompokkan pengguna berdasarkan tindakan dan gerakan di seluruh situs web Anda. Heap terintegrasi dengan platform pengujian A/B utama seperti Optimizely dan rangkaian pemasaran seperti Marketo, yang memungkinkan Anda menguji berbagai segmen pengguna dengan cepat.
Baik Anda bergerak di bidang e-commerce atau teknologi, Heap menawarkan templat dasbor siap pakai yang disesuaikan untuk industri dan tujuan, dengan peristiwa dan metrik prasetel yang penting bagi Anda.
Adobe Analytics
Adobe Analytics menyediakan analitik pemasaran lanjutan yang berfokus pada akuisisi dan retensi pelanggan, ROI, dan metrik kinerja kampanye iklan.
Fitur Live Stream Adobe memungkinkan akses data hampir secara real-time (30 hingga 90 detik). Analitik lintas perangkatnya membantu menyatukan data web dan aplikasi ke dalam satu dasbor, sehingga memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang perjalanan pelanggan.
Adobe Analytics menawarkan alat otomatis untuk menganalisis perilaku pengguna dan memberikan wawasan, pola, dan tren. Ini mencakup alat untuk analisis ad hoc, kelompok, analitik retroaktif, dan analisis prediktif untuk membantu memperkirakan tren perilaku seperti churn pelanggan dan kemungkinan konversi.
Adobe Analytics menggunakan AI untuk mengelompokkan, menyegmentasikan, dan memvisualisasikan audiens berdasarkan perilaku. Dengan atribusi pemasaran yang kuat dari media berbayar, milik sendiri, dan yang diperoleh, mudah untuk menganalisis apa yang mendorong prospek dan pendapatan dan berinvestasi sesuai dengan itu.
GoSquared
GoSquared adalah salah satu alternatif Google Analytics yang berfokus pada privasi. Dasbornya yang dapat disesuaikan dan telah memenangkan penghargaan merupakan pusat data pelanggan untuk bisnis seperti J.P. Morgan, Dell, Canon, dan banyak lagi.
GoSquared Analytics menawarkan dasbor waktu nyata dengan fitur-fitur seperti prediksi cerdas, anotasi, analisis konten, perbandingan instan, dan pelacakan konversi. Ia menggunakan analitik retroaktif yang secara otomatis mengelompokkan data masuk berdasarkan lokasi pengunjung, saluran, browser, atau perangkat.
Dengan menggunakan webhook dan integrasi Zapier asli, Anda dapat memicu alur kerja khusus di lebih dari 1000 tanpa meninggalkan dasbor GoSquared. Anda dapat mengirim peringatan ke Slack, menjadwalkan laporan email, atau menampilkan dasbor Anda di samping Klipfolio dan Geckoboard.
Realtime
Realtime adalah platform analisis lalu lintas langsung yang menyediakan akses ke data mentah tanpa filter dan berfungsi tanpa konten kuki pengguna. Tim dapat melihat statistik lalu lintas situs web langsung, termasuk artikel dengan performa terbaik, lokasi pengguna, sumber rujukan (pelacakan UTM), dan ringkasan performa selama 30 hari terakhir.
Dasbor pengguna menunjukkan pengguna aktif, halaman teratas, siklus lalu lintas per artikel, riwayat 3 jam terakhir, dan sumber (seperti Direct, Google Discover, buletin, dan WhatsApp). Anda juga dapat mengurutkan data berdasarkan URL atau kata kunci.
Kasus penggunaan tingkat lanjut didukung dengan Realtime API, yang selengkap dasbor pengguna dan diperbarui setiap 10 detik.
Realtime mendukung pelacakan AMP, menambahkan anggota tim tanpa batas per langganan, dan waktu aktif 99,99%. Selain itu, skrip pelacakan berukuran 2 KB dimuat dengan CDN global, memastikan dampak buruk minimal pada kecepatan situs web.
Beberapa fitur tambahan yang disertakan dalam semua paket meliputi situs web tak terbatas, pengunjung bersamaan tak terbatas, pemantauan waktu aktif 24/7, dan dukungan gratis.
Apa itu Web Analytics?
Web analytics atau analisis situs web adalah proses pengukuran kinerja situs web Anda menggunakan alat analisis data dan visualisasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Kekurangan GA4
Pengguna awal Google Analytics 4 (GA4) telah mengidentifikasi beberapa kekurangan platform analisis web:
- Tidak Ada Rasio Pentalan: GA4 mengganti rasio pentalan dengan "Sesi yang Dilibatkan". Artinya, Google sekarang akan berfokus pada rasio keterlibatan audiens daripada memeriksa siapa yang meninggalkan situs web Anda.
- Batasan pada dimensi dan metrik khusus: GA4 mengenakan batasan 25 dimensi khusus yang dicakup pengguna, 50 dimensi khusus yang dicakup peristiwa, dan metrik untuk setiap properti.
- Tidak memiliki laporan email bulanan: GA4 saat ini tidak mendukung email pelaporan bulanan. Namun, Anda dapat menghubungkan GA4 dengan Looker Studio menggunakan konektor GDS dan membuat laporan khusus.
Alasan Mencari Alternatif Google Analytics
Pengguna mencari alternatif untuk Google Analytics, dan berikut alasannya:
- Pengambilan sampel data: GA4 mengelola dan menganalisis volume data yang besar dengan membuat subset atau sampel data. Meskipun strategi ini efisien untuk pelaporan yang lebih cepat, strategi ini tidak menyertakan data terperinci dari pengunjung situs web Anda, yang menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak efisien.
- Ancaman privasi: Google Analytics sering dituduh melakukan pengumpulan data yang mengganggu dan menjualnya ke layanan pihak ketiga. Baru-baru ini, otoritas Eropa memutuskan bahwa penggunaan Google Analytics merupakan pelanggaran aturan GDPR tentang transfer data ekstra-Eropa.
- Pemrosesan data yang lambat: Data yang dikumpulkan menggunakan GA4 dapat memakan waktu 24-48 jam untuk muncul di GA (di luar tampilan "pengguna aktif"). Sementara sebagian besar alternatif Google Analytics menawarkan pembaruan data waktu nyata.
- Kompleksitas: Google Analytics awalnya rumit untuk dipahami. Dengan begitu banyak fitur dan tombol, pemula dan profesional perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menguasainya.