Software Live Chat Terbaik
Perangkat lunak obrolan langsung sangat penting untuk memaksimalkan potensi situs web bisnis Anda. Bagaimanapun, orang mengunjungi situs Anda karena suatu alasan. Mungkin mereka tertarik dengan produk dan layanan Anda, memiliki pertanyaan terkait, atau sekadar menjelajah.
Jika Anda terlibat dengan mereka atau membantu mereka memecahkan masalah mereka, Anda membangun hubungan yang sehat dengan para pengunjung. Menanggapi pertanyaan mereka dengan lebih cepat tidak hanya memberikan kesan yang baik tentang merek Anda, tetapi juga menciptakan peluang lebih tinggi untuk dipertimbangkan seiring berjalannya waktu.
Selalu lebih baik untuk mengajukan pertanyaan segera kapan dan di mana pertanyaan itu muncul di kepala Anda, daripada menunggu beberapa menit ketika Anda diarahkan ke bagian panggilan atau FAQ. Di sinilah tepatnya platform perpesanan muncul sebagai penyelamat waktu dan kesabaran.
Di bawah ini adalah daftar perangkat lunak obrolan langsung terbaik berdasarkan dukungan multibahasa, integrasi dengan perangkat lunak bisnis lain, dan keterlibatan waktu nyata.
1. JivoChat
Tahukah Anda bahwa pengunjung situs Anda benar-benar kesulitan mendapatkan informasi? Nah, sekarang kamu tahu! Bantu mereka saat mereka membicarakan masalah mereka dengan memilih layanan secepat kilat dari JivoChat.
Waktu berubah dengan cepat, dimana orang-orang begitu sibuk hingga tidak suka menunggu panggilan. Berikan mereka apa yang mereka inginkan – layanan pelanggan berkecepatan tinggi. Widget obrolan JivoChat dapat dipasang dengan sempurna di panel samping situs Anda, jadi Anda tidak perlu berkompromi dengan estetika.
Jangan biarkan kendala bahasa menghentikan Anda untuk menjangkau pengunjung Anda karena JivoChat mendukung 20 bahasa. Ubah agen Anda menjadi bintang layanan pelanggan karena mereka dapat mengobrol secara efisien dengan beberapa pengguna secara bersamaan.
Fitur JivoChat bertujuan untuk meningkatkan peluang dan efektivitas komunikasi tim Anda. Untuk obrolan yang lebih cepat dan mudah, ia menawarkan obrolan berkode warna, tombol pintas, tanggapan terekam, dan cuplikan pesan.
Anda dapat mengekstrak semua data tentang pengunjung Anda, termasuk sumber klik, lokasi, dan lainnya. Biarkan pelanggan Anda mengirim pesan atau meminta panggilan 1-klik menggunakan aplikasi seperti Facebook Messenger.
Anda dapat mengumpulkan laporan dan log obrolan antara pengunjung dan agen Anda untuk mengukur kinerja mereka dan untuk meningkatkan kualitas layanan Anda. JivoChat memberikan skor kualitas harian dan juga menyarankan domain dimana layanan Anda dapat ditingkatkan.
2. LiveChat
Namanya menjelaskan semuanya! Puaskan pelanggan Anda dengan memberikan dukungan real-time dan berkualitas tinggi melalui LiveChat dan saksikan pertumbuhan penjualan Anda.
Pamerkan produk Anda dalam kartu produk yang tampak elegan sambil mengobrol untuk menarik pelanggan Anda. Anda mendapatkan otomatisasi chatbot AI dan formulir khusus untuk menghasilkan prospek berkualitas. Lacak penjualan Anda dan bandingkan dengan sasaran Anda untuk memahami bagaimana obrolan berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan Anda.
Chatbots yang disediakannya juga membantu Anda membuat tiket dukungan dan memungkinkan Anda terlibat di berbagai saluran. Berikan sentuhan manusiawi kepada pelanggan Anda dengan membiarkan chatbot menyapa pelanggan Anda, merutekan obrolan dengan cepat, dan mengelompokkan pengunjung secara otomatis berdasarkan aktivitas situs mereka.
LiveChat mampu berintegrasi dengan lebih dari 170 alat, beberapa di antaranya Anda suka gunakan, seperti Messenger, WordPress, WooCommerce, Google Ads, Zapier, Salesforce, Shopify, MailChimp, HubSpot, dan banyak lagi.
3. Bitrix24
Bitrix24 memungkinkan Anda mengelola semua komunikasi bisnis Anda, tersebar di berbagai saluran, di satu tempat. Fitur obrolan langsungnya memungkinkan pelanggan Anda untuk segera mencari bantuan dari perwakilan perusahaan.
Sebuah bisnis dapat memanfaatkan Bitrix24 untuk memiliki chatbot AI guna menghindari membanjiri staf pendukung dengan pertanyaan dasar guna meningkatkan produktivitas mereka.
Antarmuka obrolan Bitrix24 memungkinkan pengiriman file dan catatan selain pesan biasa. Sebuah bisnis dapat membuat obrolan grup publik dan pribadi dan juga membuat saluran untuk memposting tentang topik tertentu agar pengguna selalu mendapat informasi terbaru.
Anda dapat menambahkan widget obrolan secara gratis untuk memulai. Widget yang dapat disesuaikan ini memiliki fitur-fitur penting, seperti catatan obrolan tanpa batas, penyimpanan 5GB, aplikasi seluler, dan banyak lagi.
Selain fungsi obrolan langsung, Bitrix24 lebih banyak lagi dengan formulir web CRM, media sosial terintegrasi, telepon dan IVR internal, perekaman panggilan & video, aplikasi seluler, dan banyak lagi.
4. Freshchat
Berinteraksi dengan pengunjung Anda menggunakan Freshchat, baik mereka menggunakan ponsel, web, atau pesan sosial seperti Facebook Messenger, Apple Business Chat, WhatsApp, dll.
Bantu mereka setiap saat kapan pun mereka membutuhkan bantuan Anda melalui AI dan bot untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Kirim pesan keluar yang ditargetkan kepada pengunjung Anda yang mungkin telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda. Jangkau orang-orang sebelum mereka dapat menghubungi Anda dengan mengirimkan kampanye proaktif berdasarkan aktivitas mereka.
Fitur Freshchat
- Kampanye dalam aplikasi – aktifkan, libatkan, pertahankan, dll.
- Bot – Kontrol penuh atas bot Anda dengan editor penyesuaian sederhana untuk mengatur nada balasan. Otomatiskan menjawab pertanyaan umum menggunakan Bot.
- Segmentasi – tidak semua pelanggan termasuk dalam satu kategori. Jadi, buatlah segmen berdasarkan geografi, penggunaan produk, dll., untuk menargetkan mereka secara berbeda.
- FAQ – FAQ multibahasa terintegrasi di dalam jendela obrolan.
Penuhi permintaan pelanggan Anda yang semakin meningkat dengan memanfaatkan platform Freshworks yang fleksibel, menyediakan API kaya fitur yang bagus untuk analisis cerdas, alur kerja otomatis, integrasi khusus, 100-an aplikasi pasar, dan layanan mitra ekosistem.
5. HubSpot
Sebuah media yang bagus untuk terhubung dengan pengunjung situs web Anda, Live Chat HubSpot dapat membantu Anda mengonversi prospek baru dan mendapatkan lebih banyak kesepakatan. Ini juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan pelanggan kepada pelanggan Anda.
Ini memungkinkan Anda menetapkan peran tertentu kepada anggota tim. Misalnya, Anda dapat mengarahkan pertanyaan pelanggan ke tim layanan dan menyerahkan prospek ke staf penjualan. Dengan cara ini, akan menjadi nyaman bagi Anda dan juga bagi pelanggan.
HubSpot juga memiliki fitur Chatbot yang selanjutnya dapat meningkatkan pemasaran Anda. Ini memungkinkan Anda melakukan hal-hal tertentu dengan lebih mudah, yang mungkin sulit dilakukan melalui perangkat lunak “Live Chat”, seperti:
- Skalakan dan otomatisasi percakapan
- Berikan jawaban atas FAQ
- Kemampuan untuk mentransfer obrolan ke agen langsung
- Buat tiket dukungan
- Gaya percakapan yang mirip manusia
Kedua solusi ini dapat disesuaikan dan tidak memerlukan pengetahuan pengkodean apa pun. Tidak ada yang lebih baik di sini karena keduanya memiliki tujuan yang sedikit berbeda.
Meskipun demikian, mereka juga memiliki banyak kesamaan fitur, jadi tidak akan sulit untuk memutuskan mana yang Anda perlukan. Atau yang lain, Anda dapat memilih untuk menikmati yang terbaik dari kedua dunia.
Manfaat Mengaktifkan Live Chat di Situs Web Anda
Respon lebih cepat, lebih banyak prospek
Tidak ada yang suka menunggu hari ini. Jika Anda tidak menanggapi pertanyaan mereka dengan cepat, kemungkinan besar mereka akan pergi ke tempat lain, karena ada banyak pilihan.
Oleh karena itu, untuk mendapatkan prospek berkualitas, Anda memerlukan layanan pelanggan yang efisien dan cepat, yang dapat dipenuhi oleh obrolan langsung.
Jawaban yang dipersonalisasi
Terkadang orang menelusuri suatu produk/layanan dan siap membelinya, namun tidak melanjutkan.
Sesuatu membuat mereka menjauh, atau mungkin mereka memiliki beberapa pertanyaan yang belum terjawab.
Mungkin jawabannya tidak ada di bagian FAQ Anda, atau mereka menghubungi tim dukungan Anda, bosan menunggu, dan pergi ketika tidak menemukan jawaban.
Itu karena beberapa pertanyaan bersifat spesifik dan berbeda dari pengguna ke pengguna. Saat ini, mereka memerlukan jawaban yang dipersonalisasi berdasarkan kasus penggunaan khusus mereka. Di sini, bot tidak akan membantu, dan Anda tidak boleh membiarkan pengguna menunggu.
Jadi, Anda memerlukan obrolan langsung untuk menjawab pertanyaan yang dipersonalisasi tersebut.
Melampaui hambatan bahasa
Berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia memiliki kendala bahasa, terutama bagi orang-orang yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris.
Jadi, apa yang akan kamu lakukan?
Apakah Anda akan mempekerjakan orang yang berbicara bahasa berbeda? Belum lagi, ada ribuan bahasa dan dialek di dunia.
Coba tawarkan dukungan melalui obrolan langsung yang dapat Anda kelola melalui perangkat terjemahan.
Terjangkau dan memotong biaya tambahan
Ini terjangkau untuk semua ukuran bisnis. Selain itu, pengaturannya juga mudah, tidak memerlukan bantuan ahli IT profesional.
Panggilan telepon dan email bisa mahal. Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk telepon, eksekutif, pemeliharaan telepon, dll. Apalagi biaya panggilan. Ditambah lagi, satu agen hanya dapat menangani satu panggilan dalam satu waktu, sedangkan live chat dapat menangani banyak obrolan.
Obrolan langsung, di sisi lain, memangkas biaya dukungan, lebih banyak peralatan, dan tenaga kerja.
Peningkatan pengalaman pelanggan
Pelanggan yang memiliki pengalaman buruk dengan sebuah situs web kemungkinan besar tidak akan kembali lagi. Alasannya mungkin karena ketidakmampuan menemukan cara yang cepat dan sederhana untuk menghubungi situs web. Dan jika mereka berhasil menghubungi, mereka mengharapkan kemudahan dan kenyamanan, yang tidak dapat diberikan oleh banyak situs web.
Atribut obrolan langsung seperti waktu respons yang cepat, kemudahan pengiriman dokumen, dll. ternyata menjadi penyelamat dan meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan di situs web Anda.
Peningkatan penjualan
Obrolan langsung membantu meningkatkan prospek dan penjualan karena menyediakan sistem dukungan instan kepada pengunjung. Dengan cara ini, tim dukungan dapat memiliki peluang lebih baik untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar, sehingga meningkatkan penjualan.
Loyalitas pelanggan yang lebih baik
Dengan segera membantu mereka mengatasi masalah mereka, Anda memberi tahu pengguna betapa berharganya mereka bagi Anda.
Jika mereka mendapatkan layanan berkualitas dari Anda, kemungkinan besar mereka akan mengunjungi kembali situs Anda dan melakukan pembelian, mengetahui bahwa jika mereka mengalami kebuntuan, Anda akan membantu mereka.
Oleh karena itu, perangkat lunak obrolan langsung membantu membangun nama merek Anda, dan pengunjung menjadi pelanggan setia jangka panjang Anda.
Kesimpulan
Di dunia yang serba cepat ini, tidak ada seorang pun yang punya waktu untuk disia-siakan. Saat orang-orang menemukan situs Anda kurang dukungan cepat, mereka dapat beralih ke tempat lain.
Jadi, jika Anda benar-benar ingin orang mempertimbangkan bisnis Anda dengan serius, obrolan langsung adalah saluran layanan pelanggan yang bagus, yang dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan berdampak positif pada penjualan Anda.