Cara Menghasilkan Uang di TikTok

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on GET LINK for destination
Congrats! Link is Generated

 TikTok adalah platform media sosial yang sedang tren, dan memberikan peluang menghasilkan uang. Jadi mengapa menunggu? Selami, dan lihat cara menghasilkan uang di TikTok sebagai pembuat konten.

Kegemaran akan konten berbentuk pendek dan sangat viral di TikTok telah menjadi tren dan terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Selain memungkinkan merek dan pembuat konten untuk terhubung dengan audiens mereka, ini juga memungkinkan pembuat konten untuk memonetisasi konten mereka di platform.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan , platform ini telah mulai memberi penghargaan kepada pembuat konten melalui berbagai metode. Jika, sebagai pembuat, Anda memiliki sekitar 10.000 pengikut di platform atau bahkan 1.00.000 penayangan video dalam sebulan, ini adalah peluang bagus bagi Anda untuk meningkatkan pemirsa TikTok Anda dan melompat ke level berikutnya.

Orang-orang seperti Khaby Lame (142 juta pengikut), Addison Rae (88,7 juta pengikut), dan Zach King (77,5 juta pengikut) telah menggunakan akun TikTok mereka dengan baik, mengumpulkan kesepakatan jutaan dolar dengan merek dan peluang melalui platform.

Sebelum Anda fokus pada cara menghasilkan uang menggunakan TikTok, Anda harus mengetahui inisiatif 'Creator Next' dari TikTok secara detail.

Program monetisasi yang berfokus untuk mempromosikan kreator; inilah semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Apa itu Program 'Creator Next' TikTok?

Sesuai TikTok, inisiatif ' Creator Next ' telah dirancang untuk membantu pembuat TikTok tumbuh dan memonetisasi audiens mereka. Portal ini memungkinkan kreator untuk mengakses semua fitur monetisasi di TikTok, beberapa di antaranya meliputi:

  • TikTok Creator
  • TikTok Creator Marketplace
  • Live dan Video Gift
  • Tips

Untuk mengikuti program ini, Anda harus memenuhi kriteria kelayakan berikut:

  • Anda harus memiliki sejumlah pengikut (Biasanya 1.000+)
  • Anda harus memposting setidaknya tiga kali dalam 30 hari terakhir.
  • Anda harus berusia 18 tahun atau lebih (19 tahun di Korea Selatan dan 20 tahun di Jepang)
  • Harus memiliki reputasi yang baik sesuai 'Pedoman Komunitas TikTok dan' Ketentuan Layanan.

Sekarang setelah Anda menyadari peluang yang diberikannya kepada Anda, inilah panduan cepat namun komprehensif yang berisi berbagai metode untuk menghasilkan uang di TikTok:

1. Tiktok Creator

Pengguna yang telah mengumpulkan banyak pengikut di TikTok dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan ' TikTok Creator Fund' – sebuah inisiatif oleh perusahaan untuk membantu para pencipta menghasilkan uang di platform.

Dana tersebut, senilai $200 juta, diluncurkan pada tahun 2020 untuk memberikan kesempatan kepada para kreator menggunakan suara dan kreativitas mereka untuk tumbuh dalam karier mereka.

Pendapatan dari Creator Fund dapat bervariasi dari satu pengguna ke pengguna lainnya dan sering dihitung dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Jumlah penonton
  • Frekuensi Posting
  • Jenis keterlibatan yang dihasilkan pada postingan pengguna

Proses kelayakannya cukup ketat, dan membutuhkan banyak waktu serta konsistensi untuk membuat konten dan mengembangkan akun.

2. Tiktok Creator Marketplace

Pembuat konten di platform dapat memanfaatkan 'Creator Marketplace' untuk berkolaborasi dengan merek di berbagai kategori. Seperti Creator Fund, marketplace juga memiliki kriteria kelayakan khusus untuk menggunakan fitur tersebut.

Basis data saat ini memiliki lebih dari 8 juta kreator aktif di 24 negara dan wilayah di TikTok. Sebagai pembuat, Anda biasanya menerima undangan dari merek di aplikasi, dan kemudian Anda dapat memilih merek mana yang ingin Anda ajak bekerja sama.

Namun, Anda harus memahami bahwa kontrak dan pembayaran berbeda untuk setiap kampanye dan merek.

3. Tiktok Video Gift

TikTok juga memberi penghargaan kepada pembuat konten karena membuat konten berkualitas tinggi di platform secara teratur. Pengikut dapat bereaksi terhadap video, menghargai pencipta atas upaya mereka. Hadiah Video TikTok telah menjadi metode yang sangat populer bagi para TikToker baru untuk menumbuhkan dan memonetisasi audiens.

Anda juga mendapatkan akses ke “berlian” – mata uang virtual TikTok; setiap kali pengguna mengirim hadiah virtual, Anda mendapatkan berlian. Setelah Anda memiliki cukup berlian, Anda dapat menebusnya dengan hadiah uang tunai.

4. Tiktok Tips

Cara bagus lainnya untuk menghasilkan uang sebagai kreator adalah melalui fitur tip di TikTok. Penonton bisa langsung mengirimkan tips ke akun kreator jika mereka menyukai kontennya dan ingin mendukung kreator.

Fitur ini diluncurkan pada akhir 2021 dan memungkinkan pengguna untuk memberi tip antara 5 hingga 15 dolar kepada kreator favorit mereka. Selain itu, mereka juga dapat memasukkan jumlah khusus jika mereka mau, meningkatkan peluang pembuat konten menghasilkan uang sebagai tip.

Mirip dengan Creator Fund, tips ini juga mengharuskan Anda memiliki setidaknya 100.000 pengikut, selain memiliki tingkat keterlibatan yang stabil di klip Anda.

Namun, fitur TikTok Tips hanya berlaku untuk kreator yang berusia di atas 18 tahun.

5. Tiktok Live

Mirip dengan fitur 'Hadiah Video', opsi TikTok Live adalah metode hebat lainnya untuk menghasilkan uang di TikTok. Pengguna dapat menunjukkan apresiasi melalui opsi ini hanya dengan mengklik opsi 'Hadiah' selama sesi live. Perlu dicatat bahwa Anda perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk mulai menerima hadiah.

Untuk kreator di Inggris Raya, Swiss, atau UE, TikTok mengganti “Kebijakan Barang Virtual” dengan kebijakan 'Koin dan Hadiah'. Pengguna yang membeli koin kemudian dapat menggunakannya untuk membeli item virtual untuk kreator favorit mereka.

6. Berjualan di Toko TikTok

Salah satu metode paling populer untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan menjual barang dagangan. Itu karena orang dapat beresonansi dengan merek Anda & merasa nyaman menjadikannya bagian dari lemari pakaian mereka. Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk mendiversifikasi pendapatan Anda dan membangun audiens online yang terlibat.

Sebagai pencipta, Anda juga dapat menghubungkan akun TikTok Business Anda ke platform eCommerce seperti Shopify , Bigcommerce , dan Ecwid untuk mulai berjualan secara online.

Selain itu, fitur ' Toko TikTok ' adalah cara lain yang bagus untuk menjual produk di TikTok. Anda dapat memamerkan produk Anda di tempat-tempat berikut:

  • Feed Video
  • Toko Produk
  • Live Stream Tiktok

7.  Afiliasi

Meskipun menjual barang dagangan adalah pilihan yang bagus, Anda tidak selalu harus memiliki produknya. Bergabung dengan program afiliasi Tiktok di ceruk dapat menjadi strategi yang sangat baik untuk menghasilkan uang di TikTok.

Anda dapat menerbitkan konten dengan tautan ke produk dari bisnis lain. Setiap kali seseorang membeli tautan afiliasi, Anda mendapat persentase sebagai komisi.

Cara yang baik untuk mengarahkan lalu lintas ke tautan afiliasi ini adalah dengan membuat konten organik, selain memasukkannya ke dalam profil Anda. Afiliasi TikTok adalah program yang bagus untuk pencipta dan bisnis.

8. Promosi Lagu

Dibayar untuk menambahkan lagu ke video Anda? Kedengarannya sulit dipercaya? Tapi ribuan pencipta sekarang dibayar untuk menggunakan lagu-lagu yang sedang tren di klip mereka.

Jika Anda memiliki banyak pengikut dan keterlibatan, musisi bersedia membayar untuk mempromosikan lagu mereka di video Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mempublikasikan ketukan dan lagu Anda di platform TikTok.

9. Jalankan Iklan TikTok

Sekitar 43% pengguna TikTok berusia 18 hingga 24 tahun. Oleh karena itu, TikTok adalah platform hebat untuk merek dan bisnis yang memasarkan produk mereka untuk Gen Z. Platform iklan TikTok memiliki beberapa alat canggih untuk membantu iklan Anda menjangkau khalayak yang lebih luas. 

Anda dapat memilih dari berbagai format iklan, menargetkan orang berdasarkan usia, lokasi, minat, dan faktor lainnya. Sebagai kreator, Anda dapat memilih mana yang terbaik untuk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menghasilkan tampilan profil dan meningkatkan pengikut mereka dengan menjalankan iklan bertarget di platform. 

Berikut adalah beberapa format iklan populer yang digunakan di TikTok: 

  • Video In-feed:  Jenis iklan video ini muncul di halaman 'Untuk Anda' dari pengguna yang merupakan bagian dari audiens target Anda. 
  • Pengambilalihan merek:  Format iklan ini memungkinkan iklan Anda diperluas hingga selebar seluruh layar selama beberapa detik sebelum akhirnya beralih kembali menjadi video dalam feed. 

Ada beberapa format iklan lain di TikTok, yang dapat digunakan untuk menjual produk digital dan fisik di platform.

10. Postingan atau Konten Bersponsor

Merek sering kali bermitra dengan kreator untuk berbagai kampanye aktivasi produk dan merek. Hasilnya, mereka dapat mensponsori postingan langsung di profil pembuatnya. Kampanye ini memungkinkan merek membayar pencipta untuk mempromosikan produk mereka secara organik melalui serangkaian postingan.

Jika postingan mendapatkan daya tarik, Anda dapat meningkatkannya lebih jauh untuk lebih banyak keterlibatan dan jangkauan organik, secara eksponensial meningkatkan harga dan pendapatan Anda.

11. Donasi dan Crowdfunding

Crowdfunding adalah opsi populer lainnya untuk membuat konten baru berkualitas tinggi tanpa mengorbankan aspek keuangan. Sebagai kreator, Anda dapat menerima sejumlah kecil donasi selama sesi TikTok LIVE Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membuat akun Patreon untuk mendapatkan dukungan finansial dengan imbalan konten di balik layar dan konten premium.

Misalkan Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri; apa yang akan Anda lakukan untuk menguji pasar? Sebagai kreator, Anda juga bisa menggunakan metode crowdfunding untuk menguji kelayakan ide Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan kampanye promosi di akun TikTok Anda untuk membangun audiens dengan ide yang sama.

12. Kembangkan dan Jual Akun TikTok

Selain metode yang disebutkan di atas, Anda dapat menghasilkan uang di TikTok dengan mengembangkan dan menjual akun TikTok berbasis niche. Ini adalah cara yang baik untuk maju jika Anda memiliki keahlian membangun audiens dan dapat mengembangkan akun secara organik.

Untuk berhasil menjual akun TikTok, Anda harus fokus pada topik khusus yang berkelanjutan bagi pembeli karena ini memudahkan pembeli akun untuk terus memposting konten dan mempertahankan keterlibatan.

Merek yang berpikir untuk membeli halaman tema TikTok mengikuti uji tuntas yang ketat. Ada kemungkinan akun dengan ribuan pengikut tetapi keterlibatan yang sangat rendah tidak akan memberikan hasil bagi mereka.

Dengan mengingat hal itu, jika Anda ingin menjual halaman tema TikTok, Anda hanya boleh melakukannya dengan merek yang sesuai dengan tujuan dan target audiens halaman Anda.


Kesimpulan

TikTok adalah platform yang berkembang pesat dengan miliaran pengguna. Dengan beberapa pembuat konten yang kini mengejar platform ini secara serius dan kegemaran yang semakin meningkat untuk konten viral berbentuk pendek, ini menawarkan peluang besar untuk memonetisasi kreativitas.

Berkat semua metode ini, menghasilkan uang di TikTok menjadi lebih mudah. Dengan platform yang juga mendorong hubungan kreator-konsumen yang lebih dalam, masa depan kreator konten seperti Anda terlihat menjanjikan.

Jika Anda seorang pembuat konten yang serius ingin menghasilkan uang di TikTok, 'TikTok Creator Fund' adalah pilihan terbaik. Anda hanya perlu menumbuhkan pengikut dan memposting konten yang bagus. Sebaliknya, opsi lain melibatkan elemen risiko keuangan, terutama saat ini adalah hari-hari awal karier pembuatan konten Anda.

Kami harap wawasan ini bermanfaat dan Anda dapat mulai mendiversifikasi penghasilan Anda sebagai kreator dengan menggunakannya dan menghasilkan uang di TikTok.

Posting Komentar
close